Jumat, 08 Juli 2016

DAYA TARIK WISATA JAWA TENGAH

Candi Borobudur

Candi Borobudur. Sumber dari liburanjogja.co.id
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini adalah salah satu masterpiece di antara tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di desa Borobudur kecamatan Borobudur, sekitar 3 km dari kota Mungkid. Candi Borobudur dibangun oleh Kerajaan Syailendra yang merupakan kuil Budha terbesar di dunia, sekaligus monumen Budha terbesar di dunia.

Untuk informasi lebih lanjut:
PT. Taman Candi Unit Borobudur Magelang
Telp. (0293) 789525, 788266
Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang
Telp. (0293) 788122, Fax. (0293) 788352


Candi Gedongsongo
Candi Gedongsongo. Sumber dari breaktime.co.id

Candi Gedongsongo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan kebudayaan Hindu. Candi ini terletak di desa Candi kecamatan Bandungan kabupaten Semarang. Tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran. Dinamakan candi Gedongsongo karena di komplek ini ditemukan sembilan bangunan Candi. Hanya saja saat ini tinggal lima kelompok bangunan candi yang masih utuh. Sedangkan empat kelompok bangunan candi lainnya hanya tersisa pondasi dan reruntuhan.

Untuk informasi lebih lanjut:
Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang
Telp. (024) 6921424, 6921463, Fax. (024) 6921424



Candi Sukuh dan Candi Cetho
Candi Sukuh. Sumber dari wisatanesia.co

Bangunan candi Sukuh memberikan kesan kesederhanaan yang mencolok kepada para pengunjung. Kesan yang diperoleh dari candi ini sungguh berbeda dengan yang didapatkan dari candi-candi lain di Jawa Tengah. Bentuk bangunan candi Sukuh cenderung mirip dengan peninggalan budaya Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru. Struktur ini juga mengingatkan para pengunjung akan bentuk-bentuk piramida di Mesir. Candi ini dianggap kontroversial karena banyak relief-relief yang terkesan erotis yang sebenarnya merupakan simbol mengenai ajaran kehidupan yang hakiki.

Untuk informasi lebih lanjut:
Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar

Telp./Fax. (0271) 495439

0 komentar:

Posting Komentar